SAP
(SATUAN ACARA
PENGAJARAN)
Mata kuliah : bahasa inggris
Kode mata kuliah : Bd20-020
SKS : 1 SKS (T:1, P:0)
Semester : 1
Waktu pertemuan : 1 x 100 menit
Pertemuan : II (Kedua)
Penanggung jawab : Rosa Bunga
A. Tujuan.
1. Tujuan Instruksional Umum ( TIU )
a. Setelah mengikuti kuliah ini
mahasiswa dapat memahami penggunaan kalimat pasif bahasa inggris.
b. Mahasiswa mampu memahami perbedaan
kalimat aktif dan pasif.
2. Tujuan Instruksional khusus ( TIK )
a. Mahasiswa dapat mengubah kalimat
pasif dari kalimat aktif
b. Mahasiswa mampu membuat kalimat pasif
sendiri tanpa adanya kalimat aktif.
B. Pokok bahasan : kalimat aktif dan kalimat pasif
C. Sub poko bahasan : perbedaan fungsi komponen kalimat dalam kalimat pasif.
D. Uraian kegiatan belajar mengajar.
AKTIFITAS
|
KEGIATAN
PENGAJARAN
|
KEGIATAN
MAHASISWA
|
MEDIA DAN
ALAT PENGAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberi salam
·
Menjelaskan
adanya penggunaan kalimat pasif dalam bahasa inggris.
·
Meminta
mahasiswa memberikan ide tentang kalimat pasif dari pengalaman yang mereka
miliki.
|
·
Memjawab salam
·
Memperhatikan
·
Membuat catatan
·
Merespon
pertanyaan
·
bertanya
|
·
papan tulis
·
spidol
·
leptop
·
LCD
·
Modul AEB1
|
8 menit
|
Penyajian
|
·
Memjelaskan
perbedaan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa inggris.
·
Memberikan
contoh bentuk kalimat pasif yang berasal dari kalimat aktif
·
Menugaskan
mahasiswa menganalisa kalimat aktif dalam latihan soal dan mengubahnya ke kalimat pasif
|
·
Memperhatikan
·
Membuat catatan
·
bertanya
|
·
papan tulis
·
spidol
·
leptop
·
LCD
·
Modul AEB1
|
85 menit
|
Penutup
|
·
Menugaskan
kepada mahasiswa tugas individu membentuk kalimat pasif mereka sendiri tanpa
membuat kalimat aktif terlebih dahulu.
|
·
Memperhatikan
·
Membuat catatan
·
bertanya
|
·
papan tulis
·
spidol
·
leptop
·
LCD
·
Modul AEB1
|
7 menit
|
E.
EVALUASI.
Penilaian dilakukan
dengan meminta mahasiswa secara individu
mengubah kalimat baik dari aktif ke pasif ataupun dari pasif ke aktif.
F.
REFERENSI
Azar, Betty Schrampfer. Fundamental
of English Grammar. White Plans, NY: Longman, 2006.
Azar, Betty Schrampfer. Understanding
and Using English Grammar. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents,
1992.
Hartman, Pamela, and Laurie Blass.
Quest 1Reading and Writing. Singapore: McGrawHill, 2007.
Langan, John, and Sharon
Winstanley. College Writing Skills with Readings. 2nd Canadian ed.
Toronto: McGraw Hill, 2000.
STIE
Perbanas ULBI Team. Applied English for Business 1 Module. Jakarta: 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar