Jumat, 01 Februari 2013

Satuan Acara Pengajaran( ( Bahasa Inggris)


SAP
(SATUAN ACARA PENGAJARAN)

Mata kuliah                : bahasa inggris
Kode mata kuliah      : Bd20-020
SKS                              : 1 SKS (T:1, P:0)
Semester                    : 1
Waktu pertemuan     : 1 x 100 menit
Pertemuan                 : II (Kedua)
Penanggung jawab    : Rosa Bunga
A.     Tujuan.
1.      Tujuan Instruksional Umum ( TIU )
a.      Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat memahami penggunaan kalimat pasif bahasa inggris.
b.      Mahasiswa mampu memahami perbedaan kalimat aktif dan pasif.
2.      Tujuan Instruksional khusus ( TIK )
a.      Mahasiswa dapat mengubah kalimat pasif dari kalimat aktif
b.      Mahasiswa mampu membuat kalimat pasif sendiri tanpa adanya kalimat aktif.

B.      Pokok bahasan : kalimat aktif dan kalimat pasif

C.      Sub poko bahasan : perbedaan fungsi komponen kalimat dalam kalimat                                           pasif.

D.     Uraian kegiatan belajar mengajar.

AKTIFITAS
KEGIATAN PENGAJARAN
KEGIATAN MAHASISWA
MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
·         Memberi salam

·         Menjelaskan adanya penggunaan kalimat pasif dalam bahasa inggris.
·         Meminta mahasiswa memberikan ide tentang kalimat pasif dari pengalaman yang mereka miliki.

·         Memjawab salam
·         Memperhatikan
·         Membuat catatan
·         Merespon pertanyaan
·         bertanya

·         papan tulis
·         spidol
·         leptop
·         LCD
·         Modul AEB1


8 menit

Penyajian

·         Memjelaskan perbedaan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa inggris.
·         Memberikan contoh bentuk kalimat pasif yang berasal dari kalimat aktif
·         Menugaskan mahasiswa menganalisa kalimat aktif dalam latihan soal dan mengubahnya  ke kalimat pasif




·         Memperhatikan
·         Membuat catatan
·         bertanya

·         papan tulis
·         spidol
·         leptop
·         LCD
·         Modul AEB1






85 menit
Penutup
·         Menugaskan kepada mahasiswa tugas individu membentuk kalimat pasif mereka sendiri tanpa membuat kalimat aktif terlebih dahulu.
·         Memperhatikan
·         Membuat catatan
·         bertanya
·         papan tulis
·         spidol
·         leptop
·         LCD
·         Modul AEB1


7 menit

E.      EVALUASI.
            Penilaian dilakukan dengan meminta  mahasiswa secara individu mengubah kalimat baik dari aktif ke pasif ataupun dari pasif ke aktif.

F.       REFERENSI
Azar, Betty Schrampfer. Fundamental of English Grammar. White Plans, NY: Longman, 2006.
Azar, Betty Schrampfer. Understanding and Using English Grammar. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents, 1992.
Hartman, Pamela, and Laurie Blass. Quest 1Reading and Writing. Singapore: McGrawHill, 2007.
Langan, John, and Sharon Winstanley. College Writing Skills with Readings. 2nd Canadian ed. Toronto: McGraw Hill, 2000.
STIE Perbanas ULBI Team. Applied English for Business 1 Module. Jakarta: 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar